Kamis, 24 Februari 2011

Penyakit Datang Bulan (Menstruasi)

Endometrium  yang sangat berpengaruh terhadap  hormon wanita. Normalnya, sel endometrium rahim akan menebal selama siklus kewanitaan berlangsung agar nantinya siap untuk menerima hasil pembuahan antara sel telur dan sperma. Bila sel telur tidak mengalami pembuahan, sel endometrium yang menebal akan meluruh dan keluar sebagai darah menstruasi.


Hedew...seharian ini g bisa beraktifitas sampe2 g bisa berangkat kerja karna sakit perut yang teramat sangat. serba salah, dibawa tidur sakit, berdiri sakit, duduk sakit, halah...luar biasa sangat mengganggu. ternyata penyebab sakit perut gw itu karna gw lg dateng bulan. hari pertama dateng bulan.hhuuffft...

udah dua bulan ini setiap mens perut gw sakit minta ampun. karena hal ini jadi iseng2 gw browsing mengenai penyakit yang melanda setiap wanita yang sedang dateng bulan. dan ada beberapa pengetahuan yang gw dapet. sebelum gw jelasin mengenai gangguan-gangguan itu, apa c sebenernya penyebab wanita kenapa setiap bulannya akan mengalami menstruasi? proses dari menstruasi itu sendiri adalah terjadinya pelepasan selaput lendir rahim (endometrium) melalui vagina pada wanita yang seksual dewasa. nah, pada prsoes pelepasan itulah yang terkadang menimbulkan rasa nyeri dan terkadangdisertai dengan pusing2 atau mual dan lain sebagainya. dan ternyata penyakit yang biasa menyerang wanita ketika dateng bulan antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Nyeri haid (dismenorea)
    Rasa yang tidak nyaman ini disebabkan oleh kontraksi otot perut yang intens saat mengeluarkan darah. Kontraksi yang sangat intens ini kemudian menyebabkan otot menegang. Ketegangan otot ini tidak hanya terjadi pada otot perut, tetapi juga otot-otot penunjang otot perut yang terdapat di bagian punggung bawah, pinggang, panggul, paha hingga betis.
    Dismenorea ini dikelompokan lagi menjadi dua macem, yaitu :
    • Dismenorea Primer
      Dismenorea primer adalah nyeri haid yang ditemui tanpa adanya kelainan pada alat kandungan. Biasanya terjadi setelah 12 bulan atau lebih sejak menarche (haid yang pertama kali). Penyebab dismenorea primer, antara lain, faktor kejiwaan, faktor konstitusi, faktor endokrin/hormonal dan faktor alergi.
    • Dismenorea Skunder
      Dismenorea skunder berhubungan dengan penyakit/kelainan pada alat kandungan. Nyeri dapat terasa sebelum, selama, dan sesudah haid. Penyebab terjadinya dismenorea skunder, antara lain:
      Salpingitis kronis, yaitu infeksi yang lama pada saluran penghubung rahim/uterus dengan kandung telur/ovarium. Pengobatannya dengan antibiotika dan anti radang.
  2. PMS (pre menstruasi syndrome)
    PMS (pre menstruasi syndrome) atau gejala pre-menstruasi, dapat menyertai sebelum atau saat menstruasi sedang berlangsung, seperti:
    Perasaan malas bergerak, badan menjadi lemas, serta mudah merasa lelah. Nafsu makan meningkat dan suka makan makanan yang rasanya asam. Emosi menjadi labil. Biasanya perempuan mudah uring-uringan, sensitif, dan perasaan negatif lainnya.Mengalami kram perut (dismenorrhoe).Kepala nyeri, Pingsan, Berat badan bertambah karena tubuh menyimpan air dalam jumlah yang banyak, Pinggang terasa pegal.
  3. Amenorrhoe
    yaitu tidak mendapatkan haid sama sekali. ada beberapa penyebab yang menimbulkan hal ini diantaranya yaitu :
    • Hymen imperforata
      yaitu selaput dara tidak berlubang sehingga darah menstruasi terhambat untuk keluar. Biasanya keadaan tersebut diketahui bila si perempuan sudah waktunya mens tetapi belum mendapatkannya. Dia mengeluh sakit perut setiap bulan. Hal itu bisa diatasi dengan operasi untuk melubangi selaput daranya.
    • Menstruasi anovulatoire
      yaitu rangsangan hormon-hormon yang tidak mencukupi untuk membentuk lapisan dinding rahim hingga tidak terjadi haid atau hanya sedikit. Kurangnya rangsangan hormon ini menyebabkan endometrium tidak terbentuk dan keadaan ini menyebabkan perempuan tidak mengalami masa subur karena sel telur tidak terbentuk. Pengobatannya adalah dengan terapi hormon.
Mungkin hampir setiap wanita di dunia ini pernah ngalain salah satu hal tersebut ya, dan mungkin ada juga yang mereka merasakan namun tidak dirasa sehingga ketika dateng bulan tidak menjadi masalah buat mereka. sebenernya ada beberapa cara mengatasi masalah tersebut. bisa dengan mengkonsumsi obat seperti obat analgetik (pengurang rasa sakit), atau dengan cara ilmiah lainnya tanpa menggunakan bahan kimia. ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengatasi sakit perut sewaktu menstruasi, yaitu :
  • Kompres dengan botol panas (hangat) pada bagian yang terasa kram (bisa di perut atau pinggang bagian belakang).
  • Mandi air hangat, boleh juga menggunakan aroma terapi untuk menenangkan diri.
  • Minum minuman hangat yang mengandung kalsium tinggi.
  • Lakukan olahraga ringan seperti senam, jalan kaki, atau bersepeda pada saat sebelum dan selama haid, hal tersebut dapat membuat aliran darah pada otot sekitar rahim menjadi lancar, sehingga rasa nyeri dapat teratasi atau berkurang.
  • mengurangi makanan mengandung garam
  • mengkonsumsi karbohidrat kompleks agar bisa memicu produksi serotonin, hormon yang mengendalikan mood, nafsu makan dan tidur
  • meningkatkan Vitamin B6 yang berfungsi mengontrol produksi serotonin. Asupan vitamin B6 yang cukup akan memastikan tubuh menjadi lebih relaks.
nah cara lain untuk mengurangi rasa sakit saat menstruasiadalahdengan menggunakan resep herbal. apa aja c resep herbal yang bisa digunain untuk mengurangi rasa sakit itu, simak dibawah ini :
Resep 1
Bahan :30 gram temu lawak 25 gram kencur 15 gram jahe 25 gram temu hitam asam jawa dan gula aren secukupnya.
Cara pemakaian :
Bahan-bahan dicuci bersih dan dipotong-potong, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, diminum airnya untuk 2 kali sehari, setiap kali minum 150 cc.
Resep 2
Bahan :
3 kuntum bunga mawar merah15 gram daun dewa25 gram kunyit
Cara pemakaian :
Semua bahan dicuci bersih dan dipotong-potong, lalu direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, diminum 2 kali sehari, setiap kali minum 150 cc.
Resep 3
Bahan :
15-30 gram daun dewa segar dan 20 gram kunyit
Cara pemakaian :
dicuci dan direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, airnya diminum 2 kali sehari.
Resep 4
Bahan :
30 gram daun hia/baru cina segar atau 15 gram yang kering
Cara pemaiakaian:
direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring, airnya diminum. 
Resep 5
Bahan :
20 gram ginjean kering dan 10 gram umbi rumput teki kering
Cara pemakaian :
dicuci dan direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, airnya diminum 2 kali sehari.

Catatan : pilih salah satu resep, dalam melakukan perebusan gunakan panci enamel atau periuk tanah.

0 Comment:

Poskan Komentar