Minggu, 01 Mei 2011

Pengenalan Form pada Microsoft Access 2007

G terasa trnyata dh lama juga gw g posting di blog gw yang tercinta ini...;-) terkadang begitu banyak hal yang pengen gw tulis, namun kadang keterbatasan waktu dan bgitu banyaknya aktifitas akhirnya berlalu gitu aja. well, kali ini gw pengen melanjutkan mengenai pengenalan microsoft access 2007. sebelumnya sudah dibahas mengenai Pengenalan Microsoft Access 2007 dan cara membuat query pada microsoft access 2007. nah...kali dikesempatan kali ini gw pengen menyampaikan mengenai cara membuat form pada microsoft access 2007.


sebelum masuk kepembahasan, ada baiknya juga qta ketahui terlebih dahulu mengenai apa itu form???
Form atau dalam bahasa indonesianya dapat dikatakan juga sebagai formulir merupakan user interface yang digunakan oleh user sebagai media pengolahan database. telahdikatakan sebelumnya bahwa microsoft access merupakan aplikasi pengolahan basis data. nah, pengolahan seperti apa sih yang dapat dilakukan oleh user terhadap database tersebut? pengolahan database yang dimaksud disini adalah user dapat melakukan penambahan, penghapusan dan perubahan data yang ada di database tersebut. dengan adanya form, maka user tidak perlu melihat arsitektur dari database tersebut.


Sebuah form dalam microsoft access dapat dimasukan kedalam form lain sebagai control subform lain. ini biasanya dilakukan jika bekerja dalam transaksi master detail. bagaimana sih langkah-langkah membuat form di microsoft access 2007...? ok, yu' mari disimak tutorial pembuatan form dibawah ini...;-)


Untuk membuat sebuah form, qta dapat menggunakan fasilitas Form Wizard atau dengan menggunakan form design. nah, perbedaan dari dua cara ini adalah bahwa Form Wizard memandu si pengguna untuk membuat form langkah demi langkah. sedangkan pada form design, pengguna diberikan keleluasaan dalam mendesign form menurut seleranya sendiri menggunakan property yang telah disediakan oleh microsoft access tersebut. yang akan dijelaskan disini adalah membuat form menggunakan fasilitas form wizard.


  1. Misalkan qta akan membuat form dari tabel produk yang telah dibuat sebelumnya pada posting berjudul Membuat Query pada Microsoft Access 2007. coba lihat di bagian menu bar, klik menu create, kemudian klik menu more form pada tab form, dan klik design form wizard

  2. selanjutnya akan tampil Form Wizard seperti tampil pada gambar dibawah ini. fungsi dari form wizard ini adalah memilih tabel/query yang akan dibuat form nya dan memilih field-field mana saja yang akan digunakan. pada contoh disini, qta akan membuat form dari tabel produk dan semua field pada tabel tersebut digunakan. maka pada tab tables/queries pilihlah table:produk. dan diantara available field dan selected field terdapat tombol > dan >>. klik tombol >> untuk memindahkan semua field available fileds ke dalam selected field.

  3. Kemudian klik tombol next, pilih layout. disini qta ambil layout Columnar. klik tombol next lagi
  4. Pilihlah style sesuai keinginan, kemudian klik next lagi
  5. Masukan Title untuk form yang akan dibuat, pilih open the form to view or enter information jika ingin langsung melihat hasilnya atau pilih modify the form's design untuk masuk ke mode design.
  6. Terakhir klik tombol finish untuk mengakhiri pembuatan form
Taraaaa....udah jadi deh formnya...;-) form ud bisa digunakan untuk menginput data ke database. berikut tampilan formnya.
untuk selanjutnya, jika ingin menambahkan tombol-tombol untuk memudahkan user dalam penggunaan form. masuklah ke mode design dengan cara klik icon View dipojok kiri atas, pilih Design View. maka form akan berada pada mode design dan untuk menambahkan tombol, carilah di bagian control tools yang bernama Button.

Sekian penjelasan mengenai form pada microsoft access 2007. smoga bermanfaat dan membantu bagi teman2, adik2, kakak2, mas2, mba2, ibu2 dan bapak2 yang telah mampir dan membaca posting ini....;-) untuk pertanyaan dan koreksi silahkan tinggalkan comment.

0 Comment:

Poskan Komentar